PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 1

Farida, Nur (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Sembungharjo 01 pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok. Salah satu penyebab rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa pada kelas V SDN Sembungharjo 01 dikarenakan masih menggunakan model pembelajaran menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah terdapat pengaruh Sikap Ilmiah siswa terhadap pemecahan masalah dengan menggunakan model PBL pada siswa kelas V SDN Sembungharjo 01 ? 2. Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model PBL dengan model ceramah pada pelajaran matematika di SDN Sembungharjo 01 ? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sembungharjo 01. Kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas Eksperimen. Data penelitian ini diperoleh dari nilai tes soal uji coba, pretest dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada materi bangun ruang kubus dan balok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Sembungharjo 01 . dapat ditarik kesimpulan bahwa model PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok .dilihat dari hasil Sample T-test yang didapatkan nilai signifikan (sig 2-tailed) dengan uji t sebesar 0,000. karena nilai probabilitasnya kurang dari 0,01 maka Ho Ditolak atau dapat dikatakan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol pada tes akhir atau post tes berbeda secara signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model ceramah. Hasil dari sikap ilmiah dari kelas Eksperimen juga lebih tinggi dibanding dengan hasil kelas kontrol dengan hasil persentase Indikator Sikap Ingin Tahu sebesar 76.59 % , Sikap Respek Terhadap Sesama 82.55 % , dan Sikap Berpikir Kritis sebesar 73.83 %. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:36
Last Modified: 09 Apr 2021 03:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18765

Actions (login required)

View Item View Item