Tafrikhatul Mabruroh, Riza (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SCRAPBOOK DIGITAL DENGAN TEMA BAHASA SEBAGAI PEMERSATU BANGSA PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (361kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, khususnya media video/audiovisual pada pembelajaran keterampilan menulis poster. Berdasarkan fakta yang peneliti temukan di lapangan, banyak peserta didik yang masih belum bisa memahami cara menulis dengan baik dan benar. Sebagian besar peserta didik masih menganggap pembelajaran menulis poster sulit, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas sebagai guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran, agar materi yang diajarkan dapat tersampaikan dengan baik terhadap peserta didik. Dalam hal ini penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Ketepatan memilih media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan hasil pembelajaran. Untuk memilih media yang tepat seorang guru perlu mempertimbangkan berbagai landasan agar media yang dipilih benar-benar sesuai dengan tingkat pemahaman, kemampuan berfikir logis dan kondisi sosial siswa. Seperti yang kita ketahui saat ini kecanggihan teknologi yang semakin pesat sehingga perlu adanya penyesuaian guru dalam proses pembelajaran dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Maka dari itu, untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada perlu adanya pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik pada pengembangan media video scrapbookdigital dengan tema bahasa sebagai pemersatu bangsa pada pembelajaran keterampilan menulis poster peserta didik SMP, 2) Menyusun draf pengembangan media video scrapbookdigital dengan tema bahasa sebagai pemersatu bangsa pada pembelajaran keterampilan menulis poster peserta didik SMP, 3) Mendeskripsikan keefektifan pengembangan media video scrapbookdigital dengantema bahasa sebagai pemersatu bangsa pada pembelajaran keterampilan menulis poster bagi peserta didik SMP. Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) pengembangan media video scrapbook digital dengan tema bahasa sebagai pemersatu bangsa pada pembelajaran keterampilan menulis poster bagi peserta didik SMP kelas VIII di kota Semarang menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development). Peneliti menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut teori yang dikemukakan Sugiyono (2015 : 407) meliputi sepuluh tahap penelitian, yaitu : 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi massal. Kebutuhan penelitian disesuaikan dengan tujuan dan kondisi penelitian yang sebenarnya. Penelitian ini diakhiri pada tahap kelima yaitu perbaikan produk. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan apabila dilanjutkan ke tahap uji coba produk dan tahap pembuatan produk secara massal maka waktu yang dibutuhkan akan lebih lama, biaya serta tenaga yang dibutuhkan juga bertambah banyak. Media telah divalidasi oleh dosen ahli dan guru ahli pembelajaran Bahasa Indonesia. 2) Kevalidan media media video scrapbook digital dengan tema bahasa sebagai pemersatu bangsa pada pembelajaran keterampilan menulis poster bagi peserta didik SMP kelas VIII di kota Semarang dilakukan oleh dua validator.Uji validasi produk media yang meliputi penilaian pada aspek pewarnaan, aspek pemakaian kata dan bahasa, aspek tampilan pada layar, aspek penyajian dan aspek animasi dan suara telah divalidasi oleh para ahli yang berkompeten sesuai dengan bidangnya. Berikut merupakan hasil penilaian yang diberikan oleh dosen ahli berdasarkan jumlah skor dalam presentase diperoleh hasil sebesar 415% serta rata-rata skor sebesar 86,7% dengan kategori sangat baik dan dari guru ahli berdasarkan jumlah skor dalam presentase diperoleh hasil sebesar 413,3% serta rata-rata skor sebesar 85% dengan kategori sangat baik hal tersebut menunjukkan bahwa media video scrapbook digital dengan tema bahasa sebagai pemersatu pada pembelajaran keterampilan menulis poster bagi peserta didik SMP kelas VIII di kota Semarang sangat baik untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Kata kunci : Media, ScrapbookDigital, Pembelajaran Menulis Poster
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 02:58 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 02:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18695 |
Actions (login required)
View Item |