PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO “GAHERA” BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN FABEL BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VII DI KOTA SEMARANG

Fachrunnisa, Amelia (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO “GAHERA” BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN FABEL BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VII DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (972kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)

Abstract

Berlangsunya kurikulum 13 memperbarui proses pembelajaran yang pada mulanya berpusat pada pendidik berganti berpusat pada peserta didik. Dalam kurikulum 13 peserta didik harus berperan aktif dalam pembelajaran, artinya peserta didik harus memecahkan masalah dan mencari solusinya sendiri mengenai materi yang dipelajari dan guru hanya berperan sebagai pendamping peserta didik. Namun hasil dilapangan tidak sesuai dengan apa yang diperintahkan. Kenyataannya peserta didik masih sulit untuk dilepas begitu saja, peserta didik masih kebingungan dan masih bergantung dengan bantuan guru. Hal tersebut selaras dengan proses pembelajaran Bahasa Indonesia, di mana masih banyak peserta didik mengalami kesulitan ketika pembelajaran dikarenakan pemilihan media yang tidak tepat yang mengakibatkan peserta didik menganggap sepele pembelajaran sehingga tidak terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Oleh karena itu pemilihan media oleh guru harus sesuai dan tepat. Karena media pembelajaran memiliki peran penting. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (research and development) yang disesuaikan meliputi tujuh langkah, akan tetapi peneliti hanya menggunakan enam langkah yaitu tahap analisis teoritis dan praktik, tahap analisis kebutuhan, tahap penyusunan prototipe, tahap uji ahli, tahap revisi prototipe dan tahap penyempurnaan produk Berdasarkan dari penilaian uji validasi produk media yang meliputi penilaian pada aspek materi/isi, aspek bahasa, aspek tampilan, aspek penyajian dan aspek suara telah divalidasi oleh para ahli yang berkompeten sesuai dengan bidangnya. Berikut merupakan hasil penilaian yang diberikan oleh dosen ahli berdasarkan jumlah skor dalam presentase diperoleh hasil sebesar 441,7% serta rata-rata skor sebesar 86,7% dengan kategori sangat baik dan dari guru ahli berdasarkan jumlah skor dalam presentase diperoleh hasil sebesar 456,25% serta rata-rata skor sebesar 90% dengan kategori sangat baik hal tersebut menunjukkan bahwa media video “gahera” bermuatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran fabel bagi peserta didik SMP di kota Semarang sangat baik untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Produk penelitian ini menghasilkan media video yang nantinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media video “gahera” ini berisi mengenai cerita fabel yang di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan karakter, selain itu media video ini juga mendukung peserta didik untuk terlibat dalam pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan media, Nilai Pendidikan Karakter, Fabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:40
Last Modified: 08 Apr 2021 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item