FADHILAH, FAISAL YUSUF (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RISIKO PADA MUTU PROYEK DALAM PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN JALUR KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DI WILAYAH SECTION 2. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (137kB) |
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (103kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (129kB) |
|
Text
LAMPIRAN_1.pdf Download (2MB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
Abstract
Kota Jakarta dan Bandung merupakan dua kota besar di Indonesia yang menjadi pusat perekonomian saat ini. Dalam upaya menghubungkan dua kota tersebut pemerintah berinisiatif memperbarui sistem transportasi dengan cara membangun jalur kereta cepat dari Jakarta ke Bandung. Dipilihnya kereta cepat tersebut dikarenakan dinilai efektif dalam memperbarui sistem transportasi saat ini karena waktu tempuh menjadi lebih singkat dan efektif. Agar pelaksanaan proyek ini berjalan sesuai ketentuan, maka perlu diketahui faktor risiko yang berpeluang terjadi dan mengurangi mutu pekerjaan. Faktor risiko ini berada dalam aspek lingkungan, material, Sumberdaya Manusia, Desain dan dokumentasi, manajemen proyek, metode dan peralatan pada pelaksanaan proyek ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor risiko yang mempengaruhi mutu proyek pada proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode kuantitatif. Responden berjumlah 75 orang. Metode penelitian yang digunakan adalan metode survey menggunakan kuesioner. Analisis dimulai dari identifikasi risiko melalui study literature, kemudian dilakukan penyebaran kuesioner kepada responden terpilih yang terkait di dalam proyek tersebut. Selanjutnya jawaban dianalisis menggunakan metode Saverity Index dan dilanjutkan analisis dengan matriks probabilitas dan dampak. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa yang menjadi faktor risiko terhadap mutu yang memiliki kategori hard risk sebanyak 2 variabel, yang memiliki kategori medium risk sebanyak 12 variabel dan yang memiliki kategori low risk sebanyak 14 variabel peristiwa risiko. Sebanyak 2 variabel yang berisiko tinggi yaitu ganguan cuaca dan kurangnya jumlah peralatan perlu segera dilakukan respon tindakan agar dapat meminimalisir kejadian yang berisiko tinggi tersebut. Kata Kunci : Risiko, Mutu, Kereta Cepat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 07:32 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 07:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18628 |
Actions (login required)
View Item |