ATRAKSI DIRI AKUN INSTAGRAM @MISSIES.ID DI MATA PELANGGAN

Kamila, Shofielatul (2020) ATRAKSI DIRI AKUN INSTAGRAM @MISSIES.ID DI MATA PELANGGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Adanya kesenjangan (gap) interaksi dan pelayanan yang terjadi dalam online shop di akun Instagram @missies.id dengan offline store Missies.id yang tidak sama dan pelanggan memandang bahwa pelayanan di akun Instagram @missies.id lebih baik daripada offline store. Oleh karena itu perlu diteliti bagaimana atraksi diri yang ditampilkan akun Instagram @missies.id. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atraksi diri yang dilakukan akun instagram @missies.id dalam pemasaran produk dalam pandangan pelanggan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dengan teori atraksi interpersonal, teori media ekuasi, dan teori pertukaran sosial. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan didukung studi pustaka terkait. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga informan yang merupakan pelanggan Missies.id dan pernah melakukan pembelian secara online dan offline. Kesimpulan dari penelitian ini adalah atraksi diri akun Instagram @missies.id sebagian besar memberikan kesan positif dengan menampilkan faktor pendukung atraksi interpersonal diantaranya faktor personal adanya karakteristik personal yang sesuai dengan karakter pelanggan dan faktor emosional. Faktor situasional ditampilkan dalam atraksi diri akun Instagram @missies.id adalah faktor situasional adalah daya tarik fisik berupa suara yang enak didengar saat mereview produk di akun Instagram @missies.id, beragam reward atau hadiah untuk pelanggan, familiarity dengan memiliki nama panggilan khusus untuk pelanggan sehingga bertujuan untuk menjalin hubungan kedekatan, faktor kedekatan ditampilkan dengan banyaknya followers yang merupakan teman dekat pelanggan. Komunkasi dan interaksi yang terjadi antara pelanggan dengan admin Instagram akun @missies.id dilakukan dengan ramah, interaktif dan komunikatif meskipun dilakukan melalui perantara media perangkat online interaksi ini didasari pada teori media ekuasi bahwa media diibaratkan manusia yang dapat diajak berinteraksi. Interaksi dalam pertukaran sosial antara pelanggan dengan pihak Missies.id di offline store diketahui kurang memuaskan karena sikap yang ditunjukkan karyawan tidak ramah. Meskipun pada beberapa orang pelayanan missies.id di offline dinilai buruk namun hal tersebut tidak begitu berpengaruh dan tetap melakukan aktivitas jual beli seperti biasa. Interaksi ini dikatakan sebagai interaksi berdasarkan asas ekonomi karena dalam teori pertukaran sosial dimana seseorang akan melanggengkan interaksi sosial dengan individu lain ketika seseorang tersebut mendapatkan sesuatu yang menguntungkan. Kata Kunci : atraksi diri, instagram, atraksi interpersonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:49
Last Modified: 26 Mar 2021 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18294

Actions (login required)

View Item View Item