PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN FTV DAN PEER GROUP TERHADAP PERILAKU MENIRU REMAJA DI KOTA SEMARANG

Anggara, Enjie (2020) PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN FTV DAN PEER GROUP TERHADAP PERILAKU MENIRU REMAJA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (518kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (627kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Media massa merupakan salah satu alat dalam proses komunikasi, karena mampu menjangkau khalayak yang lebih luas, salah satu tayangan dari media massa adalah program ftv, yang bertemakan drama percintaan dikalangan remaja, masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton tayangan ftv dan peer group terhadap perilaku meniru remaja di Semarang Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sebebrapa besar pengaruh intensitas menonton tayangan ftv dan peer group terhadap perilaku meniru remaja di Semarang menggunakan teori peniruan atau imitation theory dan teori solidaritas, dengan paradigma posistivisme, dianalisis data menggunakan SPSS 20 dalam metode penelitian kuantitatif. Teknik pengolahan data sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji rehabilitas, regresi linier dan analisis korelasi rank spearman. Hasil dari penelitian menunjukkan. Pada uji signifikansi variabel Intensitas menonton tayangan ftv (X1) perilaku meniru remaja (Y) di Semarang, didapatkan nilai t hitung sebesar 3,546 lebih besar dari t tabel sebesar 1,987, sehingga jika intensitas menonton tayangan FTV semakin sering, maka perilaku meniru juga akan semakin kuat. Kemudian pada variabel peer group dan perilaku meniru remaja didapatkan nilai t hitung sebesar 1,695 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,987, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh peer group tidak berpengaruh terhadap perilaku meniru remaja. Penelitian ini menggunakan teori Peniruan atau Imitasi (Imitation Theory) menimbulkan efek peniruan atau imitasi dari besarnya kemungkinan pada tiap anggota masyarakat untuk meniru apa-apa yang ia peroleh dari media massa. keterbatasan penelitian ini yaitu sulitnya mencari teori tentang peer group yang sesuai, dikarenakan keterbatasan peneliti pada pengetahuan maupun refrensi mengenai teori peer group. Serta hasil rekomendasi penelitian didapatkan hasil, untuk mengambil subjek tidak hanya dari kalangan remaja, namun anak-anak serta orang tua dikarenakan pada jam tersebut juga banyak anak-anak dan orang tua yang menonton. Hasil dari penelitian ini, didapatkan bahwa pengaruh intensitas menonton tayangan ftv dapat berpengaruh kepada perilaku meniru remaja, namun dalam peer group tidak berpengaruh terhadap perilaku meniru remaja. Kata Kunci: Intensitas menonton, Peer Group, Perilaku Meniru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:01
Last Modified: 23 Mar 2021 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18281

Actions (login required)

View Item View Item