PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM KHAS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD IT PERMATA BUNDA

RUKHAYATI, EVY (2020) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM KHAS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD IT PERMATA BUNDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (399kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang menerapkan kurikulum khas pada Sekolah Islam Terpadu (SIT) guna membentuk karakter siswa yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah serta untuk membentuk karakter siswa. Kurikulum khas merupakan kurikulum yang diterapkan dan menjadi kekhasan SIT, pengembangan dari kurikulum nasional namun diperluas dan diperdalam oleh JSIT Indonesia dan bersifat mandiri. Kurikulum khas ini diterapkan dengan tujuan untuk menangani gagalnya pembentukan karakter siswa dikarenakan aspek moralitas yang terabaikan dalam proses pendidikan yang sedang berlangsung. Hal ini dikarenakan titik berat pendidikan masih lebih banyak pada masalah kognitif dan kurang memerhatikan karakter siswa. Sehingga menyebabkan berbagai kasus penyelewengan pada kalangan pelajar. Oleh sebab itu penulis bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum khas di SDIT Permata Bunda, pembentukan karakter siswa di SDIT Permata Bunda, serta ingin mengetahui pengaruh penerapan kurikulum khas terhadap pembentukan karakter siswa di SDIT Permata Bunda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas IV-VI SDIT Permata Bunda yang berjumlah 360 siswa dan penulis mengambil sampel sebanyak 78 siswa dari kelas IV-VI yang diambil secara acak. Data yang digunakan didapat dari kuesioner yang kemudian penulis analisis menggunakan SPSS versi 16 dengan menggunakan rumus uji korelasi product moment. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa tidak ada pengaruh antara penerapan kurikulum khas terhadap pembentukan karakter siswa di SDIT Permata Bunda. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 16 menggunakan rumus uji korelasi product moment. Diketahui bahwa nilai r hitung sebesar 0,119 lebih kecil dibandingkan nilai r tabel sebesar 0,220. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara penerapan kurikulum khas terhadap pembentukan karakter siswa di SDIT Permata Bunda. Kata Kunci : Kurikulum Khas, Pembentukan Karakter Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:47
Last Modified: 16 Mar 2021 04:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item