ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK RESIN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (Studi Kasus : PT.INTANWIJAYA INTERNASIONAL)

JULIANTA, LIAN DAMA (2020) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK RESIN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (Studi Kasus : PT.INTANWIJAYA INTERNASIONAL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

PT.lntanwijaya lnternasional adalah perusahaan yang bergerak dalam industri kimia yang berlokasi di Jalan Terboyo lndustri Barat Blok F No.9 Semarang yang memproduksi Formalin dan Resin. Proses produksi Resin dilakukan dalam berbagai tahap yaitu persiapan material, proses steam, proses kondensasi dan proses cooling. Jenis produk Resin yang memiliki kecacatan tinggi pada standar kualitas adalah Phenol yaitu meliputi standar Viscosity, Solid Content, Spesific Gravity dan pH. Penyebab terjadinya kecacatan pada produk belum diketahui secara signifikan yang menyebabkan lamanya waktu penyelesaian yang mempengaruhi permintaan konsumen karena harus melakukan produksi secara berulang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor penyebab terjadinya kecacatan kualitas produk Phenol yang ditetapkan serta memberikan usulan perbaikan dalam proses produksi dengan metode Statistical Quality Control dan Failure Mode Effect Analysis. Hasil dari analisa Pareto terdapat bahwa jenis cacat yang diprioritaskan di Januari sampai Oktober adalah Viscosity dan Solid Content. Berdasarkan perhitungan peta kendali terlihat bahwa proporsi kecacatan Viscosity dan kecacatan Solid Content masih berada pada batas kendali karena tidak melewati Batas Kontrol Atas dan Batas Kontrol Bawah. Pada Fishbone Diagram faktor yang berpengaruh pada kecacatan produk meliputi faktor mesin, manusia, material dan metode yang digunakan dalam input Failure Mode Effect Analysis nantinya. Berdasarkan perhitungan nilai Risk Priority Number, maka dapat diketahui penyebab kegagalan tertinggi pada proses steam dengan faktor penyebab mesin produksi dengan nilai 294. Usulan yang diberikan kepada perusahaan dari hasil Risk Priority Number tertinggi meliputi Membuat SOP pengoperasian mesin secara sistematis dan terperinci, membuat jadwal perbaikan mesin, pengecekan komponen mesin secara berkala dan pengawasan oleh atasan. Kata Kunci : Phenol, Pengendalian Kualitas, Statistical Quality Control, Failure Mode Effect Analysis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:51
Last Modified: 12 Nov 2020 04:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17977

Actions (login required)

View Item View Item