PELATIHAN SELF TALK POSITIF UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA

Anggina, Semira Zikri (2020) PELATIHAN SELF TALK POSITIF UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover_1.pdf

Download (739kB)
[img] Text
Abstrak_1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Lampiran_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan self-talk positif untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa di fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimen dengan desain penelitian menggunakan metode eksperimen the one group pre-test post-test design. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2018 berjumlah 7 mahasiswa yang memiliki kategori kecemasan berbicara di depan umum sedang, tinggi, tinggi sekali. Pre-test dan post-test dalam penelitian ini menggunakan skala kecemasan berbicara di depan umum yang terdiri dari 39 aitem. Pelatihan self-talk postif dilaksanakan selama 3 hari. Pelatihan self- talk positif terdiri dari 3 sesi. Hasil pre-test menunjukkan terdapat empat subjek dalam kategori tinggi dan tiga subjek dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh atas pemberian pelatihan self-talk positif terhadap mahasiswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan umum menggunakan uji Wilcoxon, nilai Z -0,845, dengan taraf signifikansi p=0,199 > 0,05. Kata Kunci : Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Pelatihan Self-Talk Positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:54
Last Modified: 12 Nov 2020 07:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17920

Actions (login required)

View Item View Item