Pengembangan Religiusitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMP Negeri 20 Semarang)

Rhohmah, Laelatul (2019) Pengembangan Religiusitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMP Negeri 20 Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (532kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (343kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP N 20 Semarang yang memiliki cita-cita menghasilkan peserta didik religius, yang unggul dalam prestasi berdasarkan iman dan taqwa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengembangan religiusitas peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Studi lapangan ini dimaksudkan untuk mencermati pengembangan religius dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 20 Semarang, khusunya menyangkut aspek kognitif (tingkat mengetahui dan memahami), afektif (tingkat penerimaan dan partisipasi), psikomotorik (tingkat gerakan refleks dan gerakan dasar fundamental), strategi pembelajaran guru (metode dan evaluasinya), kegiatan keagamaan yang di terapkan disana. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan religiustas peserta didik pada aspek kognitif yaitu pada tingkat mengetahui dan memahami sudah baik. Pengembangan religiustas peserta didik pada aspek afektif yaitu pada tingkat penerimaan dan partisipasi sudah baik. Pengembangan religiustas peserta didik pada aspek psikomotorik yaitu pada tingkat gerekan refleks dan gerakan dasar fundamental sudah baik. Kata Kunci: Pengembangan, Religiusitas, SMP N 20 Semarang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:27
Last Modified: 27 Aug 2020 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item