Rosa, Delvi Amalia (2019) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN LAYANAN KANTOR PERTANAHAN SECARA ONLINE TERHADAP PRODUK AKTA PPAT DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (674kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (125kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (108kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (281kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (358kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (264kB) |
Abstract
Pendaftaran tanah merupakan hal yang sangat penting di Indonesia guna memberikan kepastian dan perlindungan huku, memberikan iformasi terkait data dan status tanah serta menyelenggarakan tertib administrasi. Kegiatan pendaftaran tanah ini dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional mulai menggunakan teknologi online secara bertahap dan belum semua sumber daya manusianya mumpuni. Tesis ini akan menganalisis efektivitas pelayanan Badan Pertanahan Nasional secara online terhadap produk akta PPAT, dampak dan akibat hukum pelayanan Badan Pertanahan Nasional secara online terhadap produk akta PPAT di serta kendala dan solusi terkait pelayanan Badan Pertanahan Nasional secara online. Tujuan dari penulisan tesis ini yaitu untuk menganalis efektivitas pelayanan Badan Pertanahan Nasional secara online terhadap produk akta PPAT, untuk menganalisis dampak dan akibat hukum pelayanan Badan Pertanahan Nasional terhadap produk akta PPAT serta menganalisis kendala dan solusi terkait pelayanan Badan Pertanahan Nasional secara online terhadap produk akta PPAT. Metode penelitian yang digunakan dalam pengerjaan tesis ini adalah metode yuridis sosiologis yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan memperoleh data wawancara yang akan dijadikan isi dari tesis dan melakukan pengamatan obyek untuk memperoleh data. Kemudian akan dilakukan analisis data yang diperoleh dari berbagai sumber tesebut secara runtut sehingga menghasilkan jawaban yang selaras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem pelayanan online di kantor Badan Pertanahan Nasional memiliki pengaruh yang baik dan memiliki tingkat efektivitas yang berbeda-beda bagi petugas Badan Pertanahan Nasional, bagi Notaris dan bagi karyawan Notaris. Penggunaan sistem pelayanan online belum membawa dampak yang signifikan terhadap produk akta PPAT di kota Semarang. Ada kendala internal dan eksternal pelayanan online di kantor Badan Pertanahan Nasional. Kata Kunci : Pelayanan, Kantor Pertanahan, Online
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Pascasarjana > Magister Kenotariatan |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 04:56 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16801 |
Actions (login required)
View Item |