PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON DAN BANGETAYU KOTA SEMARANG

Syafitri, Rizki Norma (2019) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON DAN BANGETAYU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan bagian dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang berperan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan.peneitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Tlogosari Kulon dan Bangetayu Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional analisis dengan rancangan deskriptif analitik, dengan pengambilan data secara cross sectional. Jumlah responden sebanyak 100 pada Puskesmas Tlogosari Kulon dan 94 responden pada Puskesmas Bangetayu, yang diambil secara acak melalui simple random sampling. Data diperoleh melalui lembar kuesioner yang berisi 20 pertanyaan dengan soal yang berupa Responsiveness (ketanggapan) dilihat dari jawaban nomor 1-2, Realiability (kehandalan) 3-9, Assurance (jaminan) 10-12, Empaty (empati) 13-15, dan Tangible (bukti langsung) 16-20 yang telah valid dan reliable. Data diolah dengan menggunakan uji non parametric Mann Whitney dengan p-value>0,05. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Tlogosari Kulon dan Bangetayu Kota Semarang tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai p-value 0,592. Kesimpulan yang diambil bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Tlogosari Kulon dan Bangetayu Kota Semarang. Kata kunci : Puskesmas, pelayanan kefarmasian, tingkat kepuasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:46
Last Modified: 24 Feb 2020 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16367

Actions (login required)

View Item View Item