STRATEGI PROMOSI PENERIMAN PESERTA DIDIK BARU DI SMP PGRI 14 BRANGSONG

KHASANAH, OCTAVIA RISFATUL (2019) STRATEGI PROMOSI PENERIMAN PESERTA DIDIK BARU DI SMP PGRI 14 BRANGSONG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu SMP PGRI 14 Brangsong yang mengalami jumlah penurunan siswa setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh persaingan dengan sekolah-sekolah yang ada disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang digunakan SMP PGRI 14 Brangsong dalam meningkatkan jumlah peserta didik. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pungumpulan data dilakukan dengan wawancara yang didukung dengan observasi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kontrukvisme. Subjek dalam penelitian ada tiga orang yang menjabat sebagai kepala sekolah, HUMAS dan panitia PPDB. Penelitan ini menggunakan teori marketing mix 7P. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi promosi yang dilakukan SMP PGRI 14 Brangsong dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru sekolah masih menggunakan strategi yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Program yang digunakan juga sangat bergantung dengan sistem jemput bola dan pada kenyataanya tidak dapat menghasilkan siswa yang banyak. Kedua, image dari sekolah PGRI yang sudah dianggap masyarakat buruk, sehingga membuat mereka tidak ingin menyekolahkan anaknya disana. Ketiga, sistem zonasi yang seharusnya dapat meningkatkan jumlah siswa nyatanya membuat sekolah tidak mendapatkan siswa karena ada sekolah negeri dan MTS yang berdekatan. Keempat, jumlah siswa sekolah dasar yang lulus semakin berkurang membuat sekolah mengalami penurunan jumlah siswa. Kelima, MTS dengan sistem yang merekrut siswa sebanyak-banyaknya tanpa adanya saringan nilai membuat sekolah mengalami penurunan jumlah siswa. Berdasarkan penelitian ini, sekolah diharapkan dapat meningkatkan fasilitas yang dimiliki dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Selain itu, masyarakat diharapkan tidak terpaku pada imagesekolah PGRI dan lebih selektif dalam menyaring informasi. Keterbatasan pada penelitian ini hanya meneliti satu sekolah tanpa meneliti lebih lanjut pada MTS. Sehingga perbandingan dari kedua sekolah tidak dapat dibuktikan dengan konkrit. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan tidak tertuju pada sekolah yang diteliti, tetapi meneliti sekolah lainnya sehingga mendapatkan fakta yang sebenarnya. Kata Kunci : Strategi Promosi, Penerimaan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:26
Last Modified: 17 Feb 2020 08:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16047

Actions (login required)

View Item View Item