WATI, ISTI IRNA (2019) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (730kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (311kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (550kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (700kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga membuat masyarakat beralih menggunakan internet dan meninggalkan perpustakaan. Untuk itu perpustakaan berupaya membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan fasilitas serta memberikan pelayanan prima. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi pemustaka terhadap pelayanan di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan teori Total Quality Service (TQS) dan teori persepsi. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan teknik penggumpulan data dilakukan dengan wawancara yang didukung dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap pelayanan di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu : latar belakang budaya masyarakat (Program Litersi), demografi (umur, pendidikan dan tempat tinggal) dan teknologi (internet). Untuk menarik minat pemustaka berkunjug ke Perpustakaan Umum Kabupaten Demak, perpustakaan membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi, seperti : penyediaan hot spot, OPEC dan E-book. Selain itu perpustakaan memberikan pelayanan prima serta penyediaan fasilitas penunjang yang dapat memberikan kenyamanan masyarakat saat berkunjung ke perpustakaan. Dapat disimpulkan, dengan segala bentuk pelayanan dan fasilitas yang diberikan perpustakaan, pemustaka menilai positif. Pemustaka merasa senang dengan pelayanan prima dan penyediaan fasilitas yang diberikan perpustakaan sehingga mempermudah pemustaka memperoleh informasi dan mempermudah pekerjaan mereka. Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk pembuatan program yang lebih baik kedepannya bagi instansi terkait. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya mewawancarai pemustaka yang hadir di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak dan tidak meminta tanggapan dengan pemustaka yang menikmati layanan perpustakaan keliling. Dalam hal ini saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan memperbanyak dan memperluas cakupan informasi yang diteliti. Penelitian selanjutnya juga diharapkan mampu meneliti dengan menggunakan metode dan pendekatan yang lain selain konstruktivisme. Kata Kunci : Persepsi, Pelayanan, Kepuasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 08:24 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 08:24 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16042 |
Actions (login required)
View Item |