ARDIANSYAH, ARDIANSYAH (2019) PENINGKATAN RETENSI PELANGGAN MELALUI CUSTOMER RELATIONSHIP BERBASIS KEPERCAYAAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (572kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (110kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (26kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (333kB) |
|
Text
babI.pdf Download (272kB) |
|
Text
babII.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Text
babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
Text
babV.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (222kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (223kB) |
Abstract
Mempertahankan serta memelihara pelanggan adalah faktor yang sangat penting dalam keberhasilan perusahaan dalam lingkungan yang kompetitif dan merupakan salah satu kunci bagi perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Pelaksanaan hubungan pemasaran sebagai strategi mempertahankan pelanggan memberikan keunggulan kompetitif yang kuat dan jangka panjang terhadap perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory, karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan serta menganalisis hubungan-hubungan antar satu variabel dengan variabel lainnya. Hasil penelitian diperoleh besarnya pengaruh langsung komitmen perusahaan, kemampuan komunikasi, dan penanganan keluhan terhadap retensi konsumen secara berturut-turut adalah sebesar 0,416; 0,301; dan 0,322. Sedangkan besarnya pengaruh tidak langsung melalui kepercayaan konsumen secara berturut-turut 0,225; 0,109; dan 0,105. Artinya Komitmen perusahaan, kemampuan komunikasi, dan penanganan keluhan lebih berpengaruh secara langsung terhadap retensi konsumen dibanding melalui variabel intervening yaitu variabel kepercayaan konsumen, meski demikian kepercayaan konsumen patut dipertimbangkan menjadi variabel mediasi. Kata kunci : komitmen perusahaan, kemampuan komunikasi, dan penanganan keluhan, kepercayaan konsumen, retensi konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 06:36 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15593 |
Actions (login required)
View Item |