PENYELESAIAN SENGKETA TANAH ANTARA PT. KERETA API INDONESIA DENGAN PEMERINTAH KOTA TEGAL (Studi Kasus Tanah Lokasi SMA Negeri 1 Kota Tegal)

Jamalulel, Jamalulel (2019) PENYELESAIAN SENGKETA TANAH ANTARA PT. KERETA API INDONESIA DENGAN PEMERINTAH KOTA TEGAL (Studi Kasus Tanah Lokasi SMA Negeri 1 Kota Tegal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (610kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

Sengketa tanah yang dihadapi oleh PT. KAI dengan Pemerintah Kota Tegal dikarenakan adanya surat hak pakai yang digunakan oleh SMA Negeri 1 Kota Tegal cacat secara yuridis. Sengketa tersebut ditimbulkan akibat kesalahan atau kurang cermat suatu Badan Tata Usaha Negara dalam menerbitkan sertifikat tanah yang mengakibatkan tumpah tindih penguasaan hak atas tanah tersebut seperti kasus sengketa yang terjadi antara PT. KAI dengan Pemerintah Kota Tegal. Urgensi dalam penulisan ini berjudul “Penyelesaian Sengketa Tanah Antara Pt. Kereta Api Indonesia Dengan Pemerintah Kota Tegal (Studi Kasus Tanah Lokasi Sma Negeri 1 Kota Tegal)”. Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana penyelesaian sengketa tanah antara PT. Kereta Api Indonesia (persero) dengan Pemerintah Kota Tegal. 2) Bagaimana akibat hukum adanya penyelesaian sengketa tanah antara PT Kereta Api Indonesia (persero) dengan Pemerintah Kota Tegal. 3) Apakah hambatan dan solusi dalam pelaksanaan putusan hakim yang terjadi antara PT Kereta Api Indonesia (persero) dengan Pemerintah Kota Tegal. Metode penelitian yang dipakai adalah metode pendekatan Yuridis Sosiologis,sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan Deskritif Analisis Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka terhadap buku-buku, refensi atau sumber bacaan lain. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian diketahu bahwa 1) Penyelesian sengketa tanah antara PT.KAI dengan Pemerintah Kota Tegal diselesaikan secara litigasi di PTUN dan dimenangkan oleh PT. KAI, karena dalam pesidangan pihak Pemerintah Kota Tegal tidak dapat membuktikan asal-usul tanah yang dijadikan onjek pakainya; 2) Akibat hukum adanya penyelesaian sengketa tanah antara PT.KAI dengan Pemerintah Kota Tegal yaitu dicabutnya dan dicoret Sertifikat Hak Pakai; dan 3) Hambatan dan solusi dalam pelaksanaan putusan hakim dalam sengketa tanah anatara PT.KAI dengan Pemerintah Kota Tegal yaitu bahwa di atas lahan tersebut telah berdiri bangunan sekolah SMAN 1 Tegal, solusinya kedua belah pihak mengadakan MOU pengelolaan SMAN 1 Tegal, Pemerintah membeli aset atau meminta Hak Pakai,mengadakan tukar guling tanah, PT. KAI menyewakan asetnya kepada Pemerintah Kota Tegal. Kata Kunci : Sengketa Tanah, PT.KAI, dan Pemerintah Kota Tegal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:38
Last Modified: 24 Jan 2020 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item View Item