WIBOWO, DHANI GEHA (2019) MODEL PENGEMBANGAN KEPUASAN KERJA BERBASIS SERVANT LEADERSHIP DAN KOMITMEN ORGANISASI MENUJU PENINGKATAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (Studi Kasus Pada Departemen Iklan dan Keuangan PT. Suara Merdeka Press Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (762kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (66kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (328kB) |
|
Text
babI.pdf Download (168kB) |
|
Text
babII.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Text
babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
babV.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (141kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (59kB) |
Abstract
Kinerja merupakan aspek untuk mengukur kualitas dan kuantitas individu dalam suatu organisasi. Kinerja karyawan mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi. Dinamika kerja dalam organisasi membutuhkan individu yang efektif dan efisien dalam bekerja, baik secara personal maupun tim. Perilaku individu yang dibutuhkan adalah kemampuan interpersonal yang tergolong dalam lingkup OCB (Organizational Citizenship Behaviour). Robbins (2006: 31) mengemukakan bahwa OCB merupakan perilaku pilihan yang tidak menjadi bagian dari kewajiban kerja formal seorang karyawan, namun mendukung berfungsinya organisasi tersebut secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh servant leadership dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh servant leadership, komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviors (OCB). Populasi yang dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Suara Merdeka Press sebanyak 800 orang, Dalam penelitian teknik sampelingnya adalah sensus, yaitu semua anggota populasi menjadi sampel dari departemen iklan + keuangan sejumlah 60 orang Metode analisis data yang digunakan adalah path analysis. Hasil dari penelitian ini adalah : Servant leadership berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan Organizational citizenship behavior (OCB). Komitmen organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan Organizational citizenship behavior (OCB). Kepuasan kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Kepuasan kerja dalam penelitian ini merupakan variabel intervening di antara pengaruh servant leadership terhadap Organizational citizenship behavior (OCB). Kepuasan kerja dalam penelitian ini merupakan variabel intervening di antara pengaruh komitmen organisasi terhadap Organizational citizenship behavior (OCB). Kata Kunci : Servant leadership, Komitmen Organisasi,Kepuasan Kerja Dan Organizational citizenship behavior (OCB)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 07:10 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 07:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15509 |
Actions (login required)
View Item |