PERAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY PADA PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2014-2016)

NOVITASARI, INDAH (2019) PERAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY PADA PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2014-2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (974kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (136kB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan sarana dalam mengkomunikasikan informasi keuangan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan. Laba merupakan salah satu parameter penting dalam laporan keuangan yang digunakan untuk menaksir kinerja manajer. Hal tersebut dapat menimbulkan perilaku menyimpang, salah satu bentuknya adalah manajemen laba. Jika perusahaan melakukan manajemen laba perusahaan akan kehilangan legistimasi dan dukungan dari para investor dan stakeholder. Maka untuk mengembalikan dukungan dari para investor dan stakeholder maka perusahaan melakukan aktifitas tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR). Jenis data kuantitatif, populasi penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2014-2016. Teknik penarikan sampel purposive sampling 47 perusahan. Data dianalisis program IBM SPSS statistics 24.0 Teknik analisis regresi linier berganda, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Hipotesis uji R square,uji F uji t dan uji mediasi. Hasil analisis ukuran perusahaan negatif signifikan terhadap manajemen laba. Profitabilitas positif tidak signifikan terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, CSR bukan variabel intervening size terhadap manajemen laba, dan CSR variabel intervening profitabilitas terhadap manajemen laba. Kata kunci : laporan keuangan, ukuran perusahaan, profitabilitas, CSR, manajemen laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Jan 2020 06:05
Last Modified: 21 Jan 2020 06:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15160

Actions (login required)

View Item View Item