Setiawan, Riandy Sholeh (2019) Penerapan Area Traffic Control System (ATCS) sebagai Implementasi Transportasi Berkelanjutan di Kota Tegal. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (341kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (104kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (115kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (228kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (306kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (192kB) |
Abstract
Kota Tegal berada di jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah merupakan suatu daerah yang strategis karena letaknya dan merupakan Hinterland bagi daerah disekitarnya yakni Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang, dengan pola perjalanan yang ada Kota Tegal menjadi pusat dan tujuan perjalanan sehingga kondisi arus lalu lintas di ruas maupun dipersimpangan sudah merupakan keniscayaan haruslah dalam kondisi yang baik. Pola jaringan jalan yang bertype GRID menjadikan jarak antar persimpangan yang ada relatif pendek jaraknya. System pengendalian persimpangan yang pada saat ini adalah jenis pengendalian persimpangan otonom yang ada tidak sinkron/terintegrasi maupun terkoordinasi antar simpangnya. Sehingga dimungkinkan terdapatnya potensi antrian dan tundaan yang panjang pada persimpangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kinerja persimpanganya serta bagaimana kelayakan persimpangan-persimpangan tersebut khususnya pada pada 4 (empat) simpang jalan protokol dalam Kota Tegal yakni simpang 3 Yogya mall, Simpang 3 Gili Tugel, Simpang 4 Jakarta dan Simpang 4 Tumpuk untuk dikoordinasikan Simpangnya dan diterapkan dalam Area Traffic Control System (ATCS). Metode survey dalam penelitian ini yaitu : Classified Turning Movement car (CTMC), Kuesioner dan wawancara yaitu dengan analisis MKJI, Pemilihan Prioritas Penerapan Pengendalian Persimpangan dengan metoda Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Simulasi menggunakan Vissim versi 10. Dimana diketahui bahwa rata-rata level of service pada keempat simpang tersebut masuk dalam kategori E, dengan kriteria yang berpengaruh terhadap alternative dalam penerapan Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Tegal memiliki alternatif prioritas pengendalian persimpangan di Kota Tegal yaitu ATCS sebesar 61,01%, alternatif ke 2 yaitu pengendalian persimpangan secara otonom pada tiap simpang sebesar 27,19% dan tidak perlu ada pengandalian persimpangan sebesar 12,16%. Kata kunci: Pengendalian Simpang, Koordinasi, ATCS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 06:04 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 06:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15036 |
Actions (login required)
View Item |