ARIFINA, NIAMI DINA (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) JAMBE KUSUMA BATIK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA SWOT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (579kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (94kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (161kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (106kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (409kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
Abstract
IKM Batik Jambe kusuma merupakan salah satu IKM batik di Kabupaten Kendal yang membuat batik tulis dan batik cap dengan berbagai motif yang khas Kendal namun tetap mengikuti perkembangan jaman. Dari data hasil penjualan kain batik bulan Juni 2017 sampai dengan bulan Agustus 2018, jumlah penjualan pada IKM Batik Jambe Kusuma selama ini tidak mengalami kenaikan yang tidak cukup signifikan.Salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar dalam pengembangan IKM adalah faktor pemasaran. Karena dengan pemasaran yang baik siklus produksi dan keuangan juga akan meningkat.Program pemasaran yang efektif harus dapat memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan nilai bagi konsumen. analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman.Untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, pemilik IKM harus mengetahui kekeuatan, kelemahan, ancaman serta peluang baik dari faktor internal maupun eksternal. Penggunaan metode analisis SWOT akan memunculkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan untuk menentukan pemasaran.Dari hasil analisa dengan menggunakan analisis SWOT,pembentukan diagram matriks SWOT berdasarkan dari nilai IFAS dan EFAS yaitu didapat untuk selisis pada IFAS sebesar (+) 1,3934 dan selisih pada EFAS sebesar (+) 0,4419. Sehingga IKM ini terletak pada kuadran I(mendukung strategi agresif). Dimana pada kuadran I ini merupakan posisi yang sangat kuat, menguntungkan dan banyak peluang yang teridentifikasi (S-O). IKM Batik Jambe Kusuma dapat menggunakan strategi ini untuk memanfaatkan peluang berdasarkan kekuatan yang dimiliki secara maksimal untuk peningkatan pengembangan pemasaran produk batik. Dengan menganalisa faktor internal dan eksternal, IKM dapat mengantisipasi ancaman dan mengubahnya menjadi peluang baru. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Analisa SWOT, IKM Batik Jambe Kusuma
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 06:57 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 06:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14853 |
Actions (login required)
View Item |