ANALISA POSTUR KERJA KARYAWAN DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) UNTUK MENGURANGI RESIKO CIDERA OTOT (Studi Kasus: UD RAHAYU JAYA)

Purwadi, Hendri (2019) ANALISA POSTUR KERJA KARYAWAN DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) UNTUK MENGURANGI RESIKO CIDERA OTOT (Studi Kasus: UD RAHAYU JAYA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

UD. RAHAYU JAYA merupakan salah satu badan usaha milik perseorangan bergerak dibidang penjualan bahan bangunan. UD. RAHAYU JAYA berdiri sejak tahun 2009. Produk yang yang dijual pada UD. RAHAYU JAYA adalah bahan-bahan bangunan seperti pasir, semen, batu koral, pipa-pipa saluran air, besi cor, keramik lantai dll. Saat ini UD. RAHAYU JAYA memiliki 4 karyawan yang tersebar dalam bagian-bagian proses pengambilan dan pengiriman bahan bangunan secara rolling. Berdasarkan hasil pengamatan melalui kuesioner NBM dapat disimpulkan bahwa proses pengambilan semen, proses pengambilan pasir dan proses pengambilan batu koral lebih banyak mengalami resiko cidera otot dibandingkan pengambilan keramik dan besi cor, dengan menggunakan metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment). Perhitungan nilai RWL dari beban yang direkomendasikan dari proses pengambilan semen beban awal yang direkomendasikan untuk diangkat masing-masing pekerja yaitu 44,01 kg dan 33,79 kg, sedangkan beban tujuan yang direkomendasikan masing-masing pekerja adalah 12,31 kg dan 12,35 kg. Untuk beban yang diangkat pekerja pada kegiatan pengambilan semen selama ini melebihi batas beban yang direkomendasikan sebesar 50 kg setiap kali angkat berdasarkan hasil perhitungan, pengambilan pasir beban awal yang direkomendasikan adalah sebesar 30,41 kg dan 25,87 kg, sedangkan beban tujuan yang direkomendasikan sebesar 26,68 kg dan 26,29 kg. Untuk beban yang diangkat pekerja pada kegiatan pengambilan pasir selama ini tidak melebihi batas beban yang direkomendasikan sebesar 5 kg setiap kali angkat berdasarkan hasil perhitungan dan pengambilan batu koral memiliki rekomendasi beban awal yang diangkat masing-masing pekerja sebesar 16,23 kg dan 18,61 kg, sedangkan beban tujuan yang direkomendasikan masing-masing pekerja sebesar 6,54 kg dan 5,40 kg. Untuk beban yang diangkat oleh pekerja pada kegiatan pengambilan batu koral selama ini melebihi batas beban yang direkomendasikan sebesar 16 kg setiap kali angkat berdasarkan hasil perhitungan. Usulan perbaikan posisi kerja Pada proses pengambilan semen menambah jumlah pekerja pada saat pengangkatan semen dan mendekatkan jarak kendaran terhadap semen. Pada proses pengambilan pasir penambahan alat bantu untuk mengurangi resiko cidera pada pekerja akibat terlalu lama membungkuk saat proses pengambilan pasir, alat yang direkomendasikan adalah excavator mini. Sama halnya dengan proses pengambilan pasir sama halnya proses pengambilan batu koral. Kata kunci : Postur Kerja Karyawan, UD. Rahayu Jaya, Rapid Upper Limb Assesment (RULA), Recommended weight limit, Lifting index

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:23
Last Modified: 14 Jan 2020 06:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14780

Actions (login required)

View Item View Item