Studi Perbaikan Tanah Menggunakan Limestone, Prefabricated Drain dan Geotextile di Pejagan Pemalang Toll Road STA 291+100 dengan Program Numerik

SHOLEH, ABDURROHMAN (2018) Studi Perbaikan Tanah Menggunakan Limestone, Prefabricated Drain dan Geotextile di Pejagan Pemalang Toll Road STA 291+100 dengan Program Numerik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jembatan adalah fasilitas publik yang memiliki banyak fungsi seperti untuk perpindahan penduduk, distribusi barang, liburan, dll. Khususnya pada Box Sidokaton Jalan Tol Pejagan Pemalang. Konstruksi PPTR pada STA 291+100 di Sidokaton arus dibangunkan jembatan yang dihubungkan dengan jalan utama PPTR. Tipe tanah asli disekitar area adalah tanah lunak. Maka, tanah tersebut membutuhkan perbaikan tanah karena tanah lunak mempunyai tekanan air pori yang tinggi. Perbaikan tanah pada STA 291+100 menggunakan Prefariated Vertical Drain (PVD), Prefariated Horizontal Drain (PHD), Geotextile dan Limestone. Tujuan dari studi penelitian ini antara lain untuk mengetahui perpindahan total dari penurunan, tekanan efektif, tekanan air pori dan faktor keamanan dari tiap model. Model simulasi ini menggunakan potongan melintang tanpa perbaikan tanah, potongan melintang dengan perbaikan tanah dan potongan memanjang tanpa perbaikan tanah dengan Plaxis 8.2. Model tersebut membutuhkan pengumpulan data untuk diinputkan ke dalam parameter plaxis. Parameter tersebut berdasarkan referensi yang terelasi dengan teori. Pada tiap model perlu dibuat tahapan yang sama dengan tahapan konstruksi di lapangan. Tahapan-tahapan tersebut dijalankan dan didapatkan beberapa hasil dari tiap model. Hasilnya, tidak terdapat penurunan pada potongan memanjang tanpa perbaikan tanah karena model tersebut runuth pada ketinggian timbunan 7 meter dengan tekanan air pori sebesar 218,18 kN/m dan tekanan efektif pada tahapan yang runtuh sebesar 330,53 kN/m 2 . Penurunan pada potongan melintang dengan perbaikan tanah setelah konsolidasi 10 tahun sebesar 140x10^2 meter dengan faktor keamanan sebesar 1,618. Penurunan pada potongan memanjang setelah konsolidasi 10 tahun sebesar 160x10 -4 dengan faktor keamanan sebesar 2,424. Faktor keamanan pada potongan melintang dan potongan memanjang dengan perbaikan tanah sesuai dengan kriteria desain karena faktor keamanan tersebut nilainya melebihi 1,35 untuk jangka pendek dan 1,5 untuk jangka panjang. Penurunan 90% dari potongan melintang terjadi pada tahapan Pre-Loading 1 dan potongan memanjang terjadi pada tahapan konsolidasi 1. Penurunan yang terjadi dari potongan melintang dan memanjang dengan perbaikan tanah adalah kurang dari 10 cm, ini berarti perpindahan total sudah memenuhi kriteria desain. Untuk tekanan efektif meningkat sesuai dengan tahapan konsolidasi. Tekanan air pori pada potongan melinta ng dan memanjang dengan perbaikan tanah menurun seiring dengan waktu konsolidasi. Kata kunci : Perbaikan Tanah, Prefabricated Drain, Geotextile, Limestone, Plaxis. -4 kN/m2 dan tegangan efektif sebesar 754 kN/m2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:06
Last Modified: 06 Jan 2020 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item