IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 03 SEMARANG

MA’RIFAH, NURUL (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 03 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (885kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

Pendekatan saintifik sebagai pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta menekankan pada keterlibatan peserta didik untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan seperti mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi yang akan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan penuh antusias yang kemudian dibuktikan dengan keberanian peserta didik dalam mengemukakan atau mengkomunikasikan hasil pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. SMA Islam Sultan Agung merupakan sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 dan juga merupakan sekolah yang unggul dengan terakreditasi A. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaiman perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang. Perencanaan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang sudah direncanakan dengan baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi secara umum telah telah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik telah aktif dalam pembelajaran, mampu menyimpulkan hasil diskusi serta berani mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Sedangkan evaluasi Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang dinilai efektif karena penilaian sudah sesuai dengan rancangan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 07:00
Last Modified: 27 Dec 2019 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

View Item View Item