NI’MAH, LAILI JAUHARIN (2019) UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (212kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (216kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (293kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (147kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
Abstract
Upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam ini merupakan salah satu cara untuk membantu siswa dalam belajar agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar Pendidikan Agama Islam. SMK Cut Nya’ Dien Semarang adalah sekolah yang menerapkan upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam di SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apa saja kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam yang dialami oleh siswa. apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. dan apa saja yang bisa ditempuh guru untuk menanggulangi kesulitan belajar siswa dalam bidang pendidikan agama Islam di SMK Cut Nya Dien Semarang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang dialami oleh siswa. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa.Untuk mengetahui upaya apasaja yang bisa ditempuh guru PAI dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam di SMK Cut Nya Dien Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi observasi dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan analisis yang digunakan penulis yaitu analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miler dan Huberman yang mana mencakup tiga kegiatan yang bersamaan yaitu : reduksi data. Penyajian data. Dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk menanggulangi kesulitan belajar diantaranya yaitu melalui : merencanakan dan merancang program pembelajaran. Mengembangkan program pembelajaran. Mengelola program pembelajaran. Menilai hasil dan proses pembelajaran. Mendiagnosis faktor yang mempengaruhi keuslitan belajar. Kata kunci : Mengatasi kesulitan belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 06:49 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 06:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14239 |
Actions (login required)
View Item |