PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SD IT NURUL IMAN BANJARDOWO GENUK SEMARANG

ROMADLONIA, FARHANA (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SD IT NURUL IMAN BANJARDOWO GENUK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (978kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (765kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SD IT Nurul Iman Banjardowo Genuk Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan dua variabel yaitu variabel independen pengelolaan kelas (X) dan variabel dependen yaitu hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan V SD IT Nurul Iman yang berjumlah 176, sampel diambil dengan menggunakan cara purposive sampling dikarenakan populasi yang ada merupakan populasi heterogen yang menghasilkan 36 peserta didik.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan wawancara yang ditujukan kepada guru PAI serta angket yang diberikan kepada responden dengan 30 pertanyaan dan 4 alternatif jawaban dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier dengan program statistik SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dengan nilai signifikan sebesar 0,003 0,05. Sedangkan dari hasil uji determinasi (R Squere) sebesar 0,214 yang artinya bahwa besarnya pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar sebesar 21, 4 % dan 78,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:30
Last Modified: 26 Dec 2019 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item