PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MA NU MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK

SHOLIKAH, SITI (2019) PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MA NU MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode collaborative learning, bagaimana kreativitas peserta didik dan adakah pengaruh metode collaborative learning terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode collaborative learning, kreativitas peserta didik dan mengetahui pengaruh metode collaborative learning terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran fiqih. Analisis penelitian ini menggunakan metode field research (lapangan). Subjek pada penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didik kelas XII. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi seperti mencatat percakapan narasumber, mengamati pengajaran guru PAI, memperoleh data angka dan profil sekolah. Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode collaborative learning yang dilakukan oleh guru PAI termasuk kategori baik, dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran fiqih termasuk kategori baik. Keduanya memiliki pengaruh yang signifikan, dilihat hasil penelitian diperoleh nilai t hitung 2,892 ˃ nilai t tabel 2,024, sehingga dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan didapatkan nilai signifikan sebesar 0,006˂0,05. Kata kunci : metode collaborative learning, kreativitas peserta didik, fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:07
Last Modified: 23 Dec 2019 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item