WAKID, ACHMAD (2019) IMPLEMENTASI METODE HIWĀR PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (641kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (307kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (218kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (205kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (332kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (456kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (241kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah: perencanaan metode hiwār pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa di pondok pesantren Darut Taqwa Semarang. Bagaimanakah pelaksanaan metode hiwār pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa di pondok pesantren Darut Taqwa Semarang Bagaimanakah evaluasi metode hiwār pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa di pondok pesantren Darut Taqwa Semarang Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: Perencanaan metode hiwār pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa di pondok pesantren Darut Taqwa Semarang antara lain dengan merumuskan tujuan dan sasaran pembelajaran, memilih dan menentukan materi, dan menentukan sumber belajar atau media pembelajaran dengan baik. Pelaksanaan metode hiwār pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa di pondok pesantren Darut Taqwa Semarang antara lain dengan membentuk kelompok untuk praktik hiwār. Guru menerangkan tema apa yang akan dibahas pada praktik hiwār memberi kesempatan pada siswa untuk berdiskusi, guru mengawasi para siswa yang sedang melakukan kegiatan hiwār guru memberikan apresiasi dan evaluasi pada kegiatan belajar yang sudah berjalan. Selain itu, guru pengajar bahasa Arab merupakan guru yang berkompeten di bidangnya serta menjalankan tugas dengan efektif. Evaluasi metode hiwār pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa di pondok pesantren Darut Taqwa Semarang antara lain dengan membuat judul percakapan, melakukan percakapan sesuai dengan tema judul yang sudah dipilihnya. Kendala yang ada murid belum bisa menyesesuaikan tema atau judul dengan isi percakapan, banyaknya vokabuler kata, kemampuan menyusun kalimat, serta kelancaran dalam bercakap atau berbicara; membuat insya’ (karangan), yaitu membuat karangan tertulis dalam bahasa Arab seperti bisa membuat cerita yang sudah populer; menerjemahkan cerita dalam bahasa yang diambil dari buku-buku novel bahasa, membuat drama dengan Arab. Solusinya guru untuk menilai kemampuan siswa atau santri dalam berbicara bahasa Arab, dari tingkat kelancaran berbicara, menulis, menguasai rumus bahasa, menguasai kosakata, menguasai tata aturan bahasa, menguasai logat bahasa tersebut, menguasai mental dalam berbicara, menguasai ketelitian dalam berbicara dan menulis. Kata kunci : Metode Hiwār, Bahasa Arab, Keterampilan Berbahasa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 02:47 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 02:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14059 |
Actions (login required)
View Item |