ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM PENULISAN KARANGAN NARASI DI KELAS IV SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 KOTA SEMARANG

Yuniarsih, Erma (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM PENULISAN KARANGAN NARASI DI KELAS IV SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (915kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Kota Semarang. Siswa kurang memperhatikan langkah-langkah cara membuat karangan narasi yang baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah karangan narasi siswa sudah sesuai dengan prinsip-prinsip yang diperlukan dalam pembuatan karangan narasi. Mengetahui bagaimana bentuk kesalahan penggunaan tanda baca yang digunakan siswa pada karangan narasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif pada suatu data yang akan di ambil dengan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah bentuk kesalahan penggunaan tanda baca dalam penulisan karangan narasi. Sumber data yang digunakan adalah hasil karangan narasi siswa. Pengujian keabsahan data menggunakan diskusi dengan teman sejawat. Dari 84 karangan siswa, hanya 59 karangan yang termasuk narasi. Kesalahan pada penggunaan tanda baca titik terjadi sebanyak 97 dan benar sebanyak 577. Penggunaan tanda baca koma, terjadi kesalahan sebanyak 133 dan benar 116. Kesalahan pada tanda baca tanya terjadi satu kali, dan benar sebanyak 1. Tanda baca hubung mengalami kesalahan sebanyak 22 dan benar sebanyak 93. Kesalahan tersebut terjadi karena siswa kurang memahami kaidah tulis yang baik dan benar. Kata Kunci : PUEBI, Penguasaan Tanda Baca, Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:00
Last Modified: 17 Dec 2019 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14040

Actions (login required)

View Item View Item