PENGARUH PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR TEMA 7 SUB TEMA 2 SISWA KELAS IV SDN BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG

Ulfah, Faradina (2019) PENGARUH PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR TEMA 7 SUB TEMA 2 SISWA KELAS IV SDN BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan video pembelajaran terhadap konsentrasi belajar Tema 7 Sub tema 2 siswa kelas IV SDN Bangetayu Wetan 01 Semarang . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bangetayu Wetan 01 Semarang berjumlah 39 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Sampling Jenuh. Data di analisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Analisis Korelas dan Uji Hipotesis. Pada uji paired sample t test kelompok kontrol menujukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh antara video pembelajaran terhadap konsentrasi sebesar 0,071 > nilai kritis 0,05. Hal ini menujukkan bahwa tidak ada perbedaan pre test maupun post test sebelum melakukan treatment. Pada uji paired sample t test kelompok exsperiment menujukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh antara video pembelajaran terhadap konsentrasi sebesar 0,000 < nilai kritis 0,05. Hal ini menujukkan bahwa ada perbedaan pre test maupun post test sesudah melakukan treatment pada siswa kelas IV di SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai angket konsentrasi belajar dan angket video pembelajaran pada kelas eksperimen lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap konsentrasi belajar IPS pada siswa SD Negeri Bangetayu Wetan 01 dan terdapat hubungan positif sangat kuat antara konsentrasi belajar dengan video pembelajaran pada siswa SD Negeri Bangetayu Wetan 01. Kata Kunci : Penerapan Video Pembelajaran dan Konsentrasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:57
Last Modified: 17 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item