PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPAKELAS IV SDN BANGO 01 DEMAK

Susanti, Eni (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPAKELAS IV SDN BANGO 01 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (773kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Outdoor Learning terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA kelas IV SDN Bango 01 Demak. 2) mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Outdoor Learning lebih baik dari metode ceramah di kelas IV SDN Bango 01 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 42 siswa dengan meliputi 22 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode Outdoor Learning dan 22 siswa kelas IV Akelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis 1 adanya pengaruh positif motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Outdoor Learning terhadap prestasi belajar terlihat dari perolehan nilai α 78,864, nilai b 1,085. Kriteria pengujian dapat dilihat pada garis regresi menunjukkan peningkatan yang baik. Pada uji hipotesis 2 hasil data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dengan nilai rata-rata 78,864. Sedangkan pada kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa dengan nilai rata-rata 53,636. Berdasarkan perolehan skor rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran Outdoor Learning lebih baik daripada motivasi belajar dengan menggunakan metode ceramah. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Outdoor Learning dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:57
Last Modified: 17 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14032

Actions (login required)

View Item View Item