EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 MANGUNREKSO

Kurniawan, Ari (2019) EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 MANGUNREKSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (906kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Kemampuan siswa masih kurang dalam berpikir kritis pada pembelajaran IPA, hal tersebut tergolong masih rendah. Penggunaan model atau metode pembelajaran sangatlah penting untuk mengukur seberapa pemahaman siswa dengan pembelajaran yang telah siswa terima selama mengikuti pelajaran. model yang akan di pakai saat pembelajaran model Problem Solving, dengan penggunaan model ini akan membuka jalan pemikiran siswa yang semula merasa takut dengan pembelajaran akan menjadi sangat kritis dalam menggapi pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Hasil analisis data akhir dapat disimpulkan bahwa ;1) rata-rata juga menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kritis IPA dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode ceramah. Dibuktikan dengan hasil dari perhitungan yaitu –ttabel < thitung > ttabel dengan angka -2.0106 <42.809> 2.0106, maka Ho ditolak sedangkan Hα diterima ; 2) ketuntasan KKM kemampuan berpikir kritis IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis IPA siswa dengan menggunakan metode ceramah. Dapat dilihat bahwa persentase indikator tertinggi dikelas eksperimen yaitu 92% pada indikator 2 dan persentase pencapaian indikator terendah dikelas eksperimen yaitu 66% pada indikator 5. Sedangkan persentase indikator tertinggi dikelas kontrol yaitu sebesar 82% pada indikator 2 dan persentase pencapaian indikator terendah dikelas kontrol yaitu sebesar 39% pada indikator 5. Sehingga kemampuan berpikir kritis IPA siswa telah memenuhi KKM. Kata Kunci : Efektivitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Solving

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:56
Last Modified: 17 Dec 2019 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item