KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL PAIR CHECK DENGAN BANTUAN MEDIA JEMARI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN

Hidayani, Nikmatullah (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL PAIR CHECK DENGAN BANTUAN MEDIA JEMARI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (776kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Kata Kunci: Menulis Teks Prosedur, Model Picture and Picture, Model Pair Check, Media Jemari. Pembelajaran menulis teks prosedur merupakan salah satu pembelajaran di kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas XI masih tergolong rendah karena peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran menulis. Oleh karena itu penulis menggunakan model Model Picture and Picture dan Model Pair Check dengan Bantuan Media Jemari pada pembelajaran menulis teks prosedur. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menguji keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Picture and Picture dengan bantuan media jemari, (2) untuk menguji keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Pair Check dengan bantua media jemari, (3) Mendeskripsikan perbedaan antara keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Picture and Picture dan model Pair Check dengan bantuan media jemari pada. Metode yang digunakan ialah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen I, kelas XI IPS II sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran yang digunakan terbukti efektif berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui nilai sig (2- tailed) 0,000<0,05. Selanjutnya hasil penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II juga menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hal tersebut dapat dilihat pada uji-t dan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik. Uji-t diketahui hasil analisis diperoleh sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 itu artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Rata-rata nilai yang diperoleh pada model Picture and Picture berbantuan media jemari memiliki kenaikan rata-rata sebesar 15,91 dari Pretest 70,41 dan Posttest 86,32. Untuk model Pair Check berbantuan media jemari memiliki kenaikin rata-rata 9,97 dari Pretest 77,44 dan Posttest 87,41. Berdasarkan data tersebut, hasil model Picture and Picture berbantuan media jemari lebih efektif dibandingkan model Pair Check berbantuan media jemari dilihat dari kenaikan nilai rata-rata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:31
Last Modified: 17 Dec 2019 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item