Yusuf, Ali (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE MELALUI MEDIA GAMBAR POSTER BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII SMP H. ISRIATI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (417kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (150kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (13kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (166kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (361kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (15MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (259kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
Abstract
Kata Kunci : Menulis Teks Persuasif, Model Think Pair and Share, Media Poster, dan Pendidikan Karakter. Berdasarkan kurikulum 2013, materi pembelajaran menulis teks persuasif merupakan salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP H Isriati Semarang. Pembelajaran menulis teks persuasif dikelas tersebut masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Think Pair and Share melalui media gambar poster bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan pembelajaran menulis teks persuasif. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar menulis teks persuasif dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share melalui media gambar poster bermuatan pendidikan karakter, (2) mendeskrisikan peningkatan motivasi belajar menulis teks persuasif setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share melalui media gambar poster bermuatan pendidikan karakter, dan (3) mendeskripsikan peningkatan sikap siswa setelah dilakukan keterampilan menulis teks persuasif dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share melalui media gambar poster bermuatan pendidikan karakter.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berupa analisis keseluruhan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II kemudian menghitung rata-rata nilai yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada prasiklus 39,92 dengan kategori kurang, untuk siklus I nilai rata-rata kelas 62,64 dengan kategori cukup kemudian siklus II nilai rata-rata kelas 84,56 dengan kategori baik. Peningkatan dari prasiklus, siklus I, siklus II, sebesar 44,64%, . Berdasarkan hasil deskriptif kuantitatif dan kualitatif tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP H. Isriati Semarang. Adapun penelitian kualitatif berupa analisis data yang diperoleh dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sikap dan motivasi siswa mengalami perkembangan ke arah yang lebih positif atau lebih baik dibandingkan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 06:29 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 06:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13993 |
Actions (login required)
View Item |