THE EFFECTIVENESS OF USING SILENT MOVIE AS A TEACHING MEDIUM TO TEACH WRITING NARRATIVE TEXT (An Experimental Study of the Tenth Graders at SMAN 11 Semarang in The Academic Year 2018/2019)

Setiadi, Donna Citra (2019) THE EFFECTIVENESS OF USING SILENT MOVIE AS A TEACHING MEDIUM TO TEACH WRITING NARRATIVE TEXT (An Experimental Study of the Tenth Graders at SMAN 11 Semarang in The Academic Year 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan film bisu sebagai media pengajaran efektif untuk mengajar menulis teks naratif pada siswa kelas sepuluh di SMAN 11 Semarang. Penelitian eksperimental semu diterapkan sebagai metode dengan dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok control. Subjek total penelitian ini adalah 65 siswa yang diambil dari dua kelas, X MIPA 1 sebagai kelas control dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Validitas tampilan da nisi dilakukan dengan meminta guru dan dosen bahasa Inggris untuk menjadi penilai ahli untuk memvalidasi instrument dengan menggunakan rubric tampilan tes untuk validasi tampilan dan kesesuaiannya dengan kurikulum sebagai validasi isi. Reliabilitas antar penilai dalam memberikan nilai kepada siswa dilakukan untuk mengukur reliabilitas tes. Penilitian ini menggunakan SPSS dalam menganalisis data tes tulis melalui beberapa aktivitas. Aktivitas itu adalah pre-test sebelum perlakuan dan post test setelah perlakuan. Hasil penilitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks naratif antara siswa kelas sepuluh yang diajar dengan menggunakan film bisu sebagai media pengajaran dan mereka yang tidak diajar menggunakannya. Hal ini bisa dilihat dari hasil nilai rata-rata di post-test pada kelas eksperimen yaitu 73.0323 dan kelas kontrol yaitu 58.7059, sementara nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.00 < 0.05. Oleh karena itu, hipotesis nol penelitian ini ditolak. Ini berarti bahwa penggunaan film bisu sebagai media pengajaran telah secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas sepuluh dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris kelas eksperimen di SMAN 11 Semarang pada tahun akademik 2018/2019. Kata Kunci: Film bisu, teks naratif, media pengajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:31
Last Modified: 17 Dec 2019 04:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item