FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN MINAT DAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Sholicha, Imroatus (2014) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN MINAT DAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Pendidikan tinggi akuntansi sebagai sebuah institusi yang menghasilkan lulusan dalam bidang akuntansi saat ini dituntut untuk tidak hanya menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan di bidang akademik, tetapi juga mempunyai kemampuan yang bersifat teknis analisis dalam bidang humanistic skill dan profesional skill. Dalam memahami akuntansi terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi seorang mahasiswa guna mencapai tujuan dan cita-citanya. Penelitian yang berjudul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Minat Dan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating” ini menguji beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi dalam mempelajari akuntansi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 129 orang mahasiswa akuntansi dari 2 perguruan tinggi negeri di Semarang yaitu Unissula, Unika dan Undip. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16 dengan teknik analisis Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Statistik t, dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil uji asumsi klasik pada uji Normalitas hasilnya normal, tidak terjadi multikolinieritas, dan tidak terjadi heteroskedastisitas sehingga menunjukkan bahwa model linier yang digunakan memenuhi syarat untuk dilakukan uji statistik terhadap model regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IQ, EQ dan budaya tidak berpengaruh signifikan, namun SQ, perilaku belajar dan ketersediaan sarana pendidikan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. variabel moderating minat tidak mampu memoderasi IQ, EQ, dan budaya, namun memoderasi SQ, perilaku belajar dan ketersediaan sarana pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan variabel moderating kepercayaan diri tidak mampu memoderasi EQ dan budaya namun memoderasi kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, perilaku belajar dan ketersediaan sarana pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Uji Koefisien Determinasi menunjukan nilai R 2 sebesar 0,475/47,5% sedangkan sisanya 52,5% diterangkan oleh faktor lain. Dengan demikian hasil penelitian menunjukan semua hipotesis diterima dan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara signifikan Kata Kunci : kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, perilaku belajar, budaya, ketersediaan sarana pendidikan, minat, kepercayaan diri dan tingkat pemahaman akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 28 Sep 2015 04:20
Last Modified: 28 Sep 2015 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item