DAMPAK KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN ADVERTISING EXPENSES TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Aryati, Aryati (2018) DAMPAK KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN ADVERTISING EXPENSES TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Pajak perlu dioptimalkan guna mempercepat pembangunan nasional. Namun dalam pelaksanaanya, perusahaan cenderung tidak patuh dengan peraturan pajak yang berlaku. Perusahaan cenderung lebih mengutamakan memaksimalkan laba perusahaan dan nilai perusahaan. Untuk memaksimalkan laba, perusahaan cenderung melakukan tindakan tax avoidance. Tindakan tax avodance dapat dipengaruhi oleh karakteristik perusahaan dan advertising expenses. Karakteristik perusahaan diantaranya likuiditas, leverage danukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2014 – 2016 sebesar 150 perusahaan. Untuk menentukan jumlah sampel, maka dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan beberapa kriteria tertentu, sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 34 perusahaan. alat analisisnya menggunakan Path Analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa likuiditas dan advertising expenses berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tax avoidance. Likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage dan tax avoidance berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan advertising expenses berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Tax avoidance tidak mampu menjadi pemediasi antara likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, dan advertising expenses dengan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Nov 2019 06:02
Last Modified: 14 Nov 2019 06:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item