FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) : STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Parahita, Devi Laksmi (2018) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) : STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian berjudul Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient : Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia diteliti untuk membantu investor yang akan menanamkan modalnya pada perusahaan manufaktur dengan melihat faktor - faktor yang mempengaruhinya dengan harapan para investor tidak salah ketika melakukan investasi pada suatu perusahaan. Earning Response Coefficient diteliti karena merupakan pengukuran kualitas laba yang baik. Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan diteliti karena merupakan faktor utama yang dilihat oleh investor ketika akan melakukan investasi. Leverage diteliti karena hutang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap suatu perusahaan. Market To Book Value Ratio diteliti karena adanya hasil yang berbeda. Variabel independen yang digunakan yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, leverage dan market to book value ratio. Variabel dependen yang digunakan yaitu earning response coefficient. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, data yang digunakan menggunakan data sekunder yang di dapatkan dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD), laporan keuangan tahunan (Annual Report) dan website Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling, didapatkan 44 data sampel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2014-2016. Populasi sebanyak 150 data perusahaan manufaktur. Data dianalisa menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda, uji statistik t, uji statistik F, dan koefisien determinasi. Hasil uji asumsi klasik mengindikasikan bahwa semua variabel berdasarkan uji BLUE data berdistribusi normal, tidak terjadi gejala multikolinearitas, memenuhi asumsi heteroskedastisitas, dan tidak terdapat autokorelasi. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa dalam uji statistik F variabel secara bersama - sama berpengaruh. Dalam Uji statistik t diperoleh hasil bahwa variabel profitabilitas, ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, dan market to book value ratio berpengaruh positif signifikan terhadap earning response coefficient, sedangkan variabel ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap earning response coefficient. Kata Kunci : Ukuran perusahaan, profitabilitas, ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, leverage, market to book value ratio, earning response coefficient.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:58
Last Modified: 13 Nov 2019 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

View Item View Item