EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH (Studi Kasus di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal)

ROHMAN, ABDUL (2018) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH (Studi Kasus di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal). Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi program mata pelajaran Fiqih di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan tahun pelajaran 2017-2018. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Mengetahui evaluasi terhadap konteks dalam program pembelajaran Fiqih di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan 2)Mengetahui evaluasi terhadap masukan dalam program pembelajaran Fiqih di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan 3)Mengetahui evaluasi terhadap proses dalam program pembelajaran Fiqih di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan dan, 4)Mengetahui bagaimana evaluasi terhadap hasil dalam program pembelajaran Fiqih di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitin ini adalah kepala sekolah, pengawas SD/MI, guru mata pelajaran PAI, dan siswa terutama kelas V dan VI. Data dikumpul melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1)Konteks program pembelajaran fiqih di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi telah mengikuti standar nasional dengan menggunakan kurikulum 2013. Penyusunan program pembelajaran dilaksanakan dengan musyawarah melalui dewan guru. Setiap guru yang mengampu mata pelajaran ditugaskan untuk menyusun terlebih dahulu program mata pelajarannya dalam bentuk silabus, kemudian dibahas dalam rapat dewan guru. 2)Proses penerimaan siswa baru di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan tahun pelajaran 2017-2018 dilakukan melalui tiga tahap, pertama; sosialisasi kepada masyarakat, kedua; proses administrasi, ketiga; proses seleksi dengan tes kemampuan akademik termasuk kemampuan mengenal huruf hijaiyah. 3) Proses pembelajaran yang berlangsung di kelas berjalan lancar, dimana guru dalam mengelola kelas dapat mewujudkan suasana pembelajaran semenarik mungkin, sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat. 4) Evaluasi pembelajaran Fiqih yang berlangsung di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan tahun pelajaran 2017-2018 dilaksanakan melalui beberapa macam, yaitu; pertama melalui ulangan harian, dimana guru mata pelajaran memberikan tugas harian kepada siswa berbentuk pekerjaan rumah (PR ), kedua ulangan MID semester, dimana setiap pertengahan semester dilakukan ujian untuk mengukur ketercapaian pembelajaran selama setengah semester berlangsung, ketiga ujian akhir semester dilakukan pada akhir semester untuk mengukur secara keseluruhan kemampuan siswa setiap mata pelajaran untuk satu semester berlangsung dan siswa lulus jika memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan,yakni 80. Hasil tersebut menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran Fiqih di MI NU 02 Nahdlatul Waton Wonodadi di Kecamatan Plantungan tahun pelajaran 2017-2018 baik. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Evaluasi Pembelajaran, Fiqih

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item