PENGARUH DAYA TARIK PENYIAR RADIO DAIS 107.9 FM DAN INTENSITAS MENDENGAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT KOTA SEMARANG

Susilawati, Waode Dian (2018) PENGARUH DAYA TARIK PENYIAR RADIO DAIS 107.9 FM DAN INTENSITAS MENDENGAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian: Sebagai media informasi, radio mengambil peran penting dalam menyampaikan nilai-nilai islami yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian seorang muslim sejati sesuai dengan tuntunan sunah Rasulullah SAW. Oleh karena itu, sebagai sarana penyiaran agama, radio juga dapat memberikan rangsangan terhadap persepsi atau tanggapan dan tingkah laku bagi masyarakat banyak.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana Pengaruh Daya Tarik Penyiar Radio DAIS 107.9 FM terhadap Tingkat Pengetahuan Agama Islam dan bagaimana Intensitas Mendengar terhadap Tingkat Pengetahuan Agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Daya Tarik Penyiar Radio DAIS 107.9 FM terhadap Tingkat Pengetahuan Agama lsam dan untuk mengetahui Intensitas Mendengar terhadap Tingkat Pengetahuan Agama Islam. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Uses And Gratifications. Metode penelitian ini termasuk ke dalam tipe kuantitatif. Penelitian ini menggunakan paradigama postivisme. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang khususnya umat islam dan sample yang di ambil sebanyak 100 responden. Analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling, teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian dari analisi korelasi Rank Spearman menjelaskan bahwa pengaruh daya tarik penyiar radio DAIS 107.9 FM terhadap pengetahuan Agama Islam memiliki nilai korelasi 0,622 dengan nilai signifikan 0,000. Sedangkan hasil intensitas mendengar terhadap pengetahuan Agama Islam memiliki nilai korelasi 0,361 dengan nilai signifikan 0,000. Sehingga kesimpulan dari uji hipotesis yaitu terdapat hubungan positif antar variabel Pengaruh Daya Tarik Penyiar Radio DAIS 107.9 FM dan Intensitas Mendengar terhadap Tingkat pengetahuan Agama Islam. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah susah mencari responden untuk dijadikan sample dalam penelitian ini. Saran untuk penelitian selanjutnya supaya responden lebih akurat dalam menentukan dan merumuskan kuisioner. Kata Kunci :Daya Tarik Penyiar Radio, Intensitas Mendengar, Pengetahuan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:52
Last Modified: 30 Apr 2019 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item