HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIS DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Lestari, Qissisina Cahya (2018) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIS DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode kuantitatif dalam pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 subjek. Pada penelitian ini, alat yang digunakan untuk mengambil data yakni berupa skala yang terdiri dari 2 skala, yakni skala kecemasan akademis dan skala regulasi diri dalam belajar. Skala kecemasan akademis disusun berdasakan 4 (empat) aspek, yakni psikologis, kognitif, somatik dan motorik. Skala kecemasan akademis terdiri dari 33 aitem yang memiliki koefisiensi reliabilitas 0.913 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak dari 0,328-0,689. Skala regulasi diri dalam belajar disusun berdasarkan 5 komponen yakni efikasi diri akademis, nilai atau minat intrinsic, kecemasan terhadap hasil ujian, strategi kognitif yang digunakan dan regulasi metakognitif. Skala regulasi diri dalam belajar terdiri dari 37 aitem dengan koefisiensi reliabilitas 0. 902, indeksi daya beda skala ini bergerak dari 0,302-0,620. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan yang tidak signifikan antara kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung (rxy = 0,105 dengan p = 0,201). Kata Kunci : Kecemasan Akademis, Regulasi Diri Dalam Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:46
Last Modified: 30 Apr 2019 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item View Item