PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN TRANSAKSI JUAL–BELI ONLINE PADA ISTIKOMAH SHOP

Yudistira, Sachrul Febri (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN TRANSAKSI JUAL–BELI ONLINE PADA ISTIKOMAH SHOP. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk kemajuan dari teknologi di bidang perdagangan dan telah memberikan dampak kepada masyarakat khususnya di Indonesia adalah aplikasi yang menawarkan barang atau jasa dengan akses internet yang disebut online shop. Dibalik kemudahan yang diberikan, kehadiran online shop juga bisa berdampak baik dan buruk bagi konsumen. Online shop juga belum terdapat payung hukum yang mengatur tentang online shop. Salah satunya adalah istikomah shop. Dengan adanya hubungan pelaku usaha dan konsumen maka konsumen harus mendapatkan hak dan melengkapi kewajibannya. Sama halnya dengan penjual harus mendapatkan hak dan kewajibannya. Tujuan Pnelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan transaksi jual-beli online pada istikomah dan mengetahui hambatan-hambatan dan solusi yang akan dihadapi. Penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris yang berpedoman pada aturan hukum yang berlaku dengan menggunakan metode analisis data deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual-beli online pada istikomah shop telah memberikan dampak baik dan buruk untuk konsumen. Akan tetapi dalam kenyataan terdapat satu atau beberapa masalah yang lalai dalam melakukan jual-beli baik tu penjual maupun pembeli. Merkea juga kurang mengetahui hak dan kewajiban masing-masing. Jadi jika ada masalah yang terjadi konsumen lebih banyak diam karena tidak tau apa yang akan dilakukannya. 2) Hambatan-hambatan dan solusi perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan transaksi jual–beli online pada istikomah shop, dalam transaksi jual-beli online melalui online shop jika terjadi masalah atau wanprestasi jual-beli melalui online shop, Konsumen dan penjual bisa melakuakan negoisasi atau mediasi agar mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah bersama-sama. Tetapi jika penjual tidak beritikad baik untuk menyelesaikan masalah dengan konsumen, maka konsumen bisa membawa masalah ini ke jalur hukum. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Transaksi, Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:44
Last Modified: 30 Apr 2019 01:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12286

Actions (login required)

View Item View Item