Yudistira, Sachrul Febri (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN TRANSAKSI JUAL–BELI ONLINE PADA ISTIKOMAH SHOP. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
babI.pdf Download (502kB) | Preview |
|
Text
babII.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
||
Text
babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
|
Text
Cover.pdf Download (981kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Daftarisi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
pernyataan_publikasi.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Salah satu bentuk kemajuan dari teknologi di bidang perdagangan dan telah memberikan dampak kepada masyarakat khususnya di Indonesia adalah aplikasi yang menawarkan barang atau jasa dengan akses internet yang disebut online shop. Dibalik kemudahan yang diberikan, kehadiran online shop juga bisa berdampak baik dan buruk bagi konsumen. Online shop juga belum terdapat payung hukum yang mengatur tentang online shop. Salah satunya adalah istikomah shop. Dengan adanya hubungan pelaku usaha dan konsumen maka konsumen harus mendapatkan hak dan melengkapi kewajibannya. Sama halnya dengan penjual harus mendapatkan hak dan kewajibannya. Tujuan Pnelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan transaksi jual-beli online pada istikomah dan mengetahui hambatan-hambatan dan solusi yang akan dihadapi. Penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris yang berpedoman pada aturan hukum yang berlaku dengan menggunakan metode analisis data deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual-beli online pada istikomah shop telah memberikan dampak baik dan buruk untuk konsumen. Akan tetapi dalam kenyataan terdapat satu atau beberapa masalah yang lalai dalam melakukan jual-beli baik tu penjual maupun pembeli. Merkea juga kurang mengetahui hak dan kewajiban masing-masing. Jadi jika ada masalah yang terjadi konsumen lebih banyak diam karena tidak tau apa yang akan dilakukannya. 2) Hambatan-hambatan dan solusi perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan transaksi jual–beli online pada istikomah shop, dalam transaksi jual-beli online melalui online shop jika terjadi masalah atau wanprestasi jual-beli melalui online shop, Konsumen dan penjual bisa melakuakan negoisasi atau mediasi agar mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah bersama-sama. Tetapi jika penjual tidak beritikad baik untuk menyelesaikan masalah dengan konsumen, maka konsumen bisa membawa masalah ini ke jalur hukum. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Transaksi, Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:44 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12286 |
Actions (login required)
View Item |