PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBkLEM SOL7VING) DALAM MENINGKATKANP KEMAMPUANYOU BERPI5KIR KRITIIS DAN SIKAP MATEMATIS SISWA

Khasanah, Nur (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBkLEM SOL7VING) DALAM MENINGKATKANP KEMAMPUANYOU BERPI5KIR KRITIIS DAN SIKAP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Kata Kunci: TAPPS, Kemampuani Berpikiri Kritis, Sikap Matematisx Kemampuanx berpikiri kritisi merupakan aspek yang sangati penting. Kemampuan berpikir kritiszz adalahx sebuah prosesx yang terarah dan jelasx yangx digunakanx dalamx kegiatan mentalx seperti memecahkanx masalah, mengambil keputusan, membujuk, menganalisis asumsi dan melakukan penelitian ilmiah. Salah satu upaya untukx mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model pembelajaran TAPPS yaitu suatu cara berpikir keras dengan cara berpasangan untuk menyelesaikan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir pada penerapan model pembelajaran TAPPS pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan lebih baik dibanding siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL, mengetahui pengaruh positif sikap matematis siswa pada model pembelajaran TAPPS dan mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan kelas VII dengan pembelajaran TAPPS mencapai ketuntasan KKM 70. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasiq dalam penelitianq ini adalah siswaq kelas VII MTs Nuq 09 Gemuah tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil secarabie cluster random sampling, terpilihkoe kelas VII A sebagai kelas eksperimen2 dengan pembelajaran TAPPS dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran CTL dan kelas VII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data3 yang digunakan4 adalah metode5 dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Data hasil penelitian dianalisis7 dengan ujir normalitas, uji homogenitas, 5uji independent sampel t-test, uji regresi linier sederhana, dan uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata kemampuan7 berpikir kritisipada model pembelajaran TAPPS sebesar 79,11 dan rata-rata kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran CTL sebesar 74,50 (2) Terdapat pengaruh positif sikap matematis siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dengan model TAPPS sebesar 81,5 % variasi yang terjadi di dalam sikap matematis siswa melaui regresi ̂Y = 17,231 + 0,750 x sedangkan 18,5 % dipengaruhi oleh variabel lain (3) presentase nilai tes kemampuankberpikir kritis siswaa dengan model pembelajaran4 TAPPS dapati mencapai ketuntasan minimal 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:09
Last Modified: 05 Oct 2018 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item