PENGARUH MODEL INKUIRI DENGAN BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SDI TAQWIYATUL WATHON SEMARANG

Sholehah, Hidayatus (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI DENGAN BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SDI TAQWIYATUL WATHON SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Hasil belajar siswa secara umum masih belum maksimal. Hal itu diperlukan adanya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model inkuiri berbantuan multimedia interaktif merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif untuk memperoleh pengalaman belajar dala menemukan konsep-konsep materi berdasarkan masalah yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA. Kelas sampel diberikan soal tes yang sama. Data yang diperoleh lalu dianalisis di uji hipotesis dengan uji t. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA daripada menggunakan model pembelajaran konvensional dengan di tandai rata-rata nilai tes hasil belajar IPA kelas eksperimen 75 sedangkan kels kontrol 63. Berdasarkan perhitungan uji t, diperoleh t_hitung = 4.046 dan t_(tabel )2.080 dengan t_tabel taraf signifikan 5% dan dk = n-1. Sehingga kriteria pengujian hipotesisnya adalah -t_tabel≤ t_hitung≤ t_tabel maka Ho diterima. Karena nilai t_hitung = 4.046 berada diluar penerimaan Ho maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya terdapat pengaruh Model Ikuiri berbantuan Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar yang signifikan dalam mata pelajaran IPA. Dalam hal ini menggunakan model inkuiri berbantuan multimedia interaktif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model inkuiri, multimedia interaktif, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:16
Last Modified: 05 Oct 2018 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item