PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN BANTUAN MEDIA LEGO TERHADAP MINAT BELAJARSISWA DAN PEMAHAMAN KONSEPPADA KELAS IV SD

MURNI, DWI SETIA (2018) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN BANTUAN MEDIA LEGO TERHADAP MINAT BELAJARSISWA DAN PEMAHAMAN KONSEPPADA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada pendekataran Relistic Mathematic Education dengan bantuan media lego terhadap minat belajar dan pemahaman konsep kelas IV SD. Rendahnya pembelajaran melalui pendekatan yang inovatif dan penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada jenjang Sekolah Dasaryang kurang inovatif, rendahnya minat belajar siswa dan rendahnya pemahaman konsep. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendapatkan pembelajaran matematika yang efektif dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan bantuan media lego sehingga pembelajaran yang diperoleh sangat mempengaruhi minat belajar dan pemahaman konsep yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education yang dimodifikasi dengan media lego. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Dukuhseti 03 tahun 2017/2018. Variabel penelitian meliputi validitas soal uji coba, reliabilitas soal uji coba, daya pembeda soal uji coba, dan taraf kesukaran soal uji coba. Teknik analisis data awal yang berupa nilai ulangan harian siswa dengan normalitas data dan analisis data akhir dengan uji normaliatas angket dan nilai tes pemahaman siswa, uji regresi linier sederhana untuk uji pengaruh minat belajar siswa terhadap pemahaman konsep dan uji t sebagai uji ketuntasan nilai tes pemahaman konsep. Rata-rata nilai 84,75. Sehingga pemahaman konsep pada pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic dapat memenuhi KKM sebesar 70. Kata Kunci : Pendekatan Realistic MathematicEducation, Media Lego, Minat Belajar, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:15
Last Modified: 05 Oct 2018 04:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item