IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS III DI SCHOOL OF LIFE LEBAH PUTIH SALATIGA

Fariyanti, Diana (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS III DI SCHOOL OF LIFE LEBAH PUTIH SALATIGA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelemetasi pendekatan berbasis multiple intelligences pada pembelajaran siswa kelas III di School Of Life Lebah Putih Salatiga.. Subyek penelitian adalah guru kelas III, kepala sekolah dan siswa kelas III. Teknik pengumpulandata yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan hambatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua hal pokok yang dilakukan guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran, yaitu: a) mengenali multiple intelligences siswa melalui observasi harian dan pengamatan,dan b) menyusun rencana pembelajaran yang disebut Lesson Plan (2) Pada tahap pelaksanaan, guru sudah memfasilitasi siswa melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis multiple intelligences yang dilakukan secara KTSP melalui kedelapan jenis kecerdasan, 3) Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan tiga ranah yaitu: a) kognitif dengan tes lisan/tes tertulis dan penugasan, b) psikomotorik dengan unjuk kerja, proyek dan portofolio, serta c) afektif dengan pengamatan sikap siswa selama pembelajaran dan di luar jam belajar. Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran, Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:14
Last Modified: 05 Oct 2018 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item View Item