PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMINGTERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA KELAS V SDN 02 KALIPUCANGKULON

Irsyad, Muhammad Afif (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMINGTERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA KELAS V SDN 02 KALIPUCANGKULON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan menulis dialog sederhana kelas V SDN 02 Kalipucangkulon kelas kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 02 Kalipucangkulon tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dengan mengunakan teknik non tes yang berupa observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen true eksperimental yaitu postest only control design. Analisis data menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, dan uji hipotesis. Semua perhitungan tersebut diolah menggunakan Microsoft Excel. Data yang diperoleh di uji hipotesis dengan uji-t. Hasil analisis uji hipotesis nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode brainstorming lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional, yaitu untuk metode brainstorming 15 dan metode konvensional 12,3 dan data yang diperoleh berdistribusi normal serta homogen. Hasilnya dapat dilihat dari uji-t metode brainstorming lebih berpengaruh dari pada menggunakan metode konvensional, ditunjukan dengan thitung > ttabel. thitung sebesar = 7,428 dan ttabel = 20244. Artinya Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci : Pengaruh, Metode pembelajaran brainstorming, Keterampilan menulis dialog sederhana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:21
Last Modified: 05 Oct 2018 04:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item