PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02

MAHMUBAH, MAHMUBAH (2018) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually berbantuan media visual di kelas V SDN Genuksari 02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase dengan ketuntasan klasikal 73,68% dan pada siklus I kriteria minat belajar siswa belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria minat belajar sangat baik dengan persentase klasikal 94,73%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan kelas 73%, meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan kelas 89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar IPS kelas V SDN Genuksari 02. Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:20
Last Modified: 05 Oct 2018 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11363

Actions (login required)

View Item View Item