THE EFFECTIVENESS OF TEACHER’S ROLE AS A FACILITATOR FOR IMPROVING THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A Case of the Eighth Graders of MTS N 1 Bawu Jepara in Academic Year of 2014/2015)

Farida, Noor Niza Faiq Farida (2014) THE EFFECTIVENESS OF TEACHER’S ROLE AS A FACILITATOR FOR IMPROVING THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A Case of the Eighth Graders of MTS N 1 Bawu Jepara in Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk menemukan keefektifan dari peran guru sebagai seorang fasilitator untuk meningkatkan kemampuan siswa di dalam menulis teks descriptive. Penelitian ini meneliti apakah effectif atau tidak peran dari guru sebagai seorang fasilitator untuk meningkatkan kualitas menulis siswa yang berhubungan dengan teks descriptive. Di dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang disebut dengan independent variabel dan dependent variabel. Peran guru sebagai seorang fasilitator sebagai independet variabel dan kemampuan siswa di dalam menulis teks descriptive sebagai dependent variabel. Sampel dari Penelitian ini terdiri dari kelas VIII A dan kelas VIII B di MTS N Bawu Jepara tahun ajaran 2014/2015. Kedua kelas tersebut masing-masing berisi 30 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan desain experimen. Terdiri dari dua grup yaitu grup eksperimen dan grup kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis, dalam bentuk essai. Proses pengumpulan data di mulai dari pre-test, treatment dan post-test. Data dianalisa menggunakan SPSS versi 16.0. Berdasarkan analisa data dari kegiatan pre-test, hasilnya menunjukan bahwa rata-rata pre-test dari kelas kontrol adalah 55.17 dan untuk kelas eksperimen adalah 56.00. Sedangkan analisa data dari kegiatan post-test, hasilnya menunjukan bahwa rata-rata post-test dari kelas kontrol adalah 63.17 dan untuk kelas eksperimen adalah 69.50. Hasilnya menunjukan bahwa Sig (2-tailed) adalah 0.030 kurang dari 0,05. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa peran dari guru sebagai seorang fasilitator adalah effektif untuk meningkatkan kualitas menulis siswa di dalam teks descriptive. Kata kunci : Peran guru sebagai seorang fasilitator, Kemampuan menulis siswa, Teks descriptive

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa
Fakultas Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 07 Sep 2015 01:22
Last Modified: 07 Sep 2015 01:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item