ANALISIS DETERMINAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2014-2016)

Nugroho, Moh Widian (2018) ANALISIS DETERMINAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2014-2016). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh berkembangkan konsep pengungkapan tanggungjawab sosial yang tidak hanya dalam perusahaan konvensional, melainkan pada perusahaan yang berbasis syariah yang juga telah melakukan pengungkapan terhadap tanggungjawab sosialnya. Namun, perkembangan pengungkapan tanggungjawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan ISR indeks di Indonesia masih lambat dibandingkan dengan Negara-negara Islam di dunia. Studi-studi terdahulu telah memetakan faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggungjawab sosial pada perusahaan manufaktur. Merujuk pada temuan tersebut maka studi ini melakukan kajian terhadap faktor-faktor yang diduga dapat menjelaskan rendahnya pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) oleh perusahaan manufaktur. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dapat dijelaskan oleh ukuran perusahaan, ROA, DAR, dan umur perusahaan. Pengujian keterpengaruhan peubah-peubah tersebut dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di JII. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Uji Regresi Berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa ukuran bank secara statistik terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap ISR, ROA secara statistik terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap ISR, DAR secara statistik terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap terhadap ISR dan umur perusahaan secara statistik terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap terhadap ISR. Kata Kunci: ukuran perusahaan, ROA, DAR, umur perusahaan, Islamic Social Reporting (ISR)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:54
Last Modified: 05 Oct 2018 03:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10973

Actions (login required)

View Item View Item